Workshop Pengembangan Clinical Research Unit (CRU) tanggal 6-8 Maret 2024 di Hotel Mercure Jakarta Gatot Subroto

Class
Senin, 11 Maret 2024 22:10 Administrator 209 Lihat Kesehatan

 

Rabu.06/03/2024.  Direktorat Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Workshop Pengembangan Clinical Research Unit (CRU) sebagai Upaya memperkuat Komitmen RS Pendidikan dibidang Penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 6-8 Maret 2024 di Hotel Mercure Jakarta Gatot Subroto yang di buka oleh Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan dr. Sunarto,M.Kes.

Perkembangan ilmu dan pelayanan kesehatan dipacu dan diarahkan oleh penelitian kesehatan. Berbagai macam inovasi Penelitian di bidang kesehatan baik itu penemuan baru dalam hal metode pengobatan maupun sarana dan prasarana penunjang, ‘lahir’ sebagai jawaban dari tuntutan kebutuhan inovasi pelayanan kesehatan yang harus melewati serangkaian penelitian kesehatan berbasiskan Evidence Base Medicine (EBM).

 

          Upaya untuk Percepatan Penelitian Klinik di Indonesia dalam menjalankan agenda Transformasi Kesehatan sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2024 tentang Kesehatan, bahwa Rumah  Sakit dalam menyelenggarakan fungsi penelitian dapat membentuk pusat penelitian guna pengembangan layanan  Kesehatan, melalui inovasi penelitian yang dikembangkan  oleh Tenaga Medis dan/ atau Tenaga Kesehatan  harus  diberi dukungan  dan kebebasan secara bertanggung jawab. Namun penelti juga harus tetap memperhatikan Prinsip Etik dalam Penelitian Kesehatan yaitu : Prinsip menghormati harkat martabat manusia (respect for persons), Prinsip berbuat baik (beneficence) dan tidak merugikan (non-maleficence) dan Prinsip keadilan (justice).

  

Sebagai upaya mewujudkan ketahanan kesehatan melalui pengembangan teknologi kesehatan, Kementerian Kesehatan telah menetapkan Clinical Research Centre (CRC) dan Clinical Reseach Unit (CRU). CRC akan melaksanakan tugas sebagai koordinator, fasilitator dan evaluator pelaksanaan penelitian klinik di Indonesia dan berkedudukan di Balai Besar Biomedis dan Genomika Kesehatan, sedangkan CRU menjadi pelaksana penelitian klinik dan berkedudukan di rumah sakit. Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Indonesian Association for The Study of Medicinals (IASMED) mengadakan workshop Pengembangan Clinical Research Unit (CRU) untuk mengarahkan para peneliti dan cikal bakal peneliti di rumah sakit untuk memiliki kultur dan spirit Clinics Research dengan menerapkan Prinsip Etik Penelitian sesuai Deklarasi Helsinki sehingga rumah sakit dalam melaksanakan penelitiannya sesuai standar Cara Uji Klinik yang Baik / Good Clinical Practice.

 

Clinical Research Unit (CRU)
Print this page
Tinggalkan komentar
Berita Terkait
Class
RAPAT EVALUASI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN tanggal 28-30 Mei 2024 di Manhattan Hotel Jakarta Kesehatan 29 Mei 2024 - 15:47

Selasa. 28/05/2024. Direktorat Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Rapat Evaluasi Rumah Sakit Pendidikan tahun

Lebih Detail
Class
PELATIHAN GOOD CLINICAL PRACTICE (GCP) BATCH I TAHUN 2024 Kesehatan 21 Maret 2024 - 08:44

Kamis .14/03/2024. Direktorat Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Pelatihan Good Clinical Practice (GCP) Batch

Lebih Detail
Class
Workshop Pengembangan Clinical Research Unit (CRU) tanggal 6-8 Maret 2024 di Hotel Mercure Jakarta Gatot Subroto Kesehatan 11 Maret 2024 - 22:10

Rabu.06/03/2024. Direktorat Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Workshop Pengembangan Clinical Research Unit (CRU)

Lebih Detail